Kategori
Pemahaman kami

Bagaimana kami memuaskan rasa ingin tahu: sebuah remokendasi

Jika Anda merasa bosan, mandek, dan ingin memuaskan kehausan Anda akan ilmu, maka daftar rekomendasai kami bisa buat Anda.

Beruntunglah mereka yang punya semangat ingin tahu (haus pengetahuan, bukan kepo) yang bagai tak bertepi.Ini mendorong kita agar terus mau bertanya dan mencari jawaban. Selain itu, haus pengetahuan dapat mengatasi rasa jenuh atau terjebak dalam situasi tanpa perubahan. Ibaratnya, kita jadi bisa menghibur diri dengan “Badan dan nasib boleh mandek, tapi ilmu maju terus.”

Selain untuk memperbaiki suasana hati, memuaskan rasa ingin tahu membantu melihat banyak sudut pandang yang berbeda. Tentu saja ilmu yang didapat boleh tidak langsung berkaitan dengan pekerjaan. Bayangkan betapa jenuhnya jika semua pengetahun hanya dicari demi pekerjaan.

Di C4C, haus ilmu adalah salah satu kredo kami. Pertama, pekerjaan kami berhubungan dengan perilaku manusia. Perilaku manusia tidak hanya dipengaruhi faktor personal (atau bahasa sehari-hari: “tergantung kepribadian masing-masing”) atau lingkungan terdekat. Mau tidak mau kita harus melihat pengaruh konteks sosial, politik, ekonomi, budaya, dan sejarah terhadap perilaku.. Variabel determinan perilaku sangat banyak dan tidak ada satu orang pun bisa mendalami semuanya, maka gabungan pemahaman beberapa orang yang punya minat ingin tahu yang berbeda-beda akan sangat bermanfaat.

Alasan kedua, selain menganalisis perilaku manusia yang kompleks, kami juga harus membuat ide-ide komunkasi yang bisa memicu perubahan. Kami percaya “There is nothing new under the sun”, alias ide baru sebenarnya adalah kombinasi dari ide-ide yang sudah ada sebelumnya. Jadi, untuk menghasilkan ide yang efektif harus ada banyak referensi tentang berbagai ide maupun pemikiran dari perspektif manapun.

Daftar topik “sumber dahaga” dari anggota tim kami

Tidak mengejutkan kalau nyaris semua anggota tim C4C penasaran tentang perilaku manusia. Contoh topik dalam kategori ini: irasionalitas perilaku manusia terutama yang berkaitan dengan identitas sosial dan “deep beliefs” seperti moralitas, agama, sistem nilai, atau norma sosial. Contoh topik lain adalah bagaimana mengubah perilaku manusia: kapan persuasi bisa efektif (termasuk iklan dan propaganda), dan bagaimana cara mengajar orang dewasa.

Selain itu, kami juga tertarik dengan kreativitas dan seni, misalnya bagaimana seniman, desainer, atau individu kreatif berpikir dan bekerja. Kami juga menggunakan seni sebagai media relaksasi untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Kami pun juga tertarik tentang investasi, makanan, aplikasi, desain interior, kucing dan anjing, kesehatan mental, dan bahkan berita olahraga seperti NFL dan NBA!

Kami ingin membagikan media dan sumber informasi yang sering kami konsumsi untuk memuaskan rasa ingin tahu. Berikut adalah bahan bacaan, tontonan, podcast (atau menurut KBBI: siniar) pilihan kami. Siapa tahu Anda jadi tertarik untuk mencobanya.

The Economist | Source: Redagrícola

Media seperti The Atlantic, The New Yorker atau The Economist sangat membantu untuk mendalami konteks terkait peristiwa-peristiwa aktual (selain melihat contoh-contoh tulisan yang bagus dan memperkaya kosa kata bahasa Inggris). Misalnya, di C4C kami tidak hanya ingin tahu soal Johnny Depp vs Amber Heard, tapi kami ingin tahu faktor apa saja yang ikut mendorong kasus ini menjadi perhatian dunia, dan apa implikasinya.

Jika Anda lebih suka mendengarkan siniar dalam genre jurnalisme investigatif dan bosan dengan gaya pembahasan true-crime yang itu-itu saja, kami memberikan rekomendasi The Trojan Horse Affair dan In The Dark. Kalau masih belum puas (dan kuat mengunyah kegetiran dunia), bisa membaca ProPublica sebagai standar emas jurnalisme investigatif.

Lelah dengan jurnalisme investigatif? Jurnalisme investigatif membuat Anda merasa tidak berdaya? Anda bisa melarikan diri ke dunia fiksi yang sedikit lebih adil daripada dunia nyata, maka kami menyarankan serial genre police procedural dari Inggris seperti Line of Duty, Broadchurch, Unforgotten, atau Happy Valley. Kalau sedang malas berpkir, ada rekan kami yang senang menonton segala versi dari Law & Order, atau yang imajinatif seperti Tokyo Vice.

A Man and His Cat | Source: Wikipedia

Jika Anda lebih suka mengkonsumsi cerita fiktif dengan genre slice-of-life, rekan kami merekomendasikan animasi Night is short, Walk on girl dan A Man and His Cat.

Jika tertarik dengan sejarah, bacaan seperti Sapiens oleh Yuval Noah Harari mungkin sudah Anda baca. Buku ini menjelaskan sejarah dari ilmu alam dan sosial bisa tercipta dari Zaman Batu hingga abad ke-21. Pilihan lain adalah buku-buku yang ditulis Daron Acemoglu dan James Robinson (Why Nations Fail dan The Narrow Corridor). Untuk siniar, bisa mencoba The Last Archive, Decoder Ring, atau Things Fell Apart.

Jika tertarik tentang seni dan kreativitas, tontonan seperti Abstract: The art of design bisa menjadi rekomendasi kami. Acara ini bisa menunjukkan perspektif pekerja kreatif yang terkenal di bidang mereka masing-masing. Sebagai penonton, Anda juga akan diajak untuk mengikuti serangkaian instruksi oleh para desainer dan pekerja kreatif ini agar bisa merasakan sendiri karya-karya mereka dari layar Anda. Menurut rekan kami, tontonan ini bisa membuka cara pandang baru ketika melihat dunia.

Jika Anda lebih suka tentang video essay tentang seni dan sains, maka kami menyarankan kanal Nerdwriter1. Selain informatif, Anda hanya memerlukan waktu di bawah 10 menit! Tentu bisa jadi pilihan jika Anda sedang istirahat singkat.

Atau Anda lebih suka mendengarkan siniar tentang seni sastra, rekan kami merekomendasikan Kejar paket pintar. Atau jika tertarik dengan desain, Anda bisa mendengarkan siniar Nice Try! atau 99% Invisble.

Kesehatan mental adalah salah satu topik favorit bagi banyak rekan kami (silakan berspekulasi kenapa). Bacaan seperti buku The School of Life: An emotional education bisa jadi bahan yang cocok. Buku ini membahas kecerdasan emosional dan pengaruhnya dalam kehidupan. Menurut rekan kami, buku ini menjelaskan emosi yang berpengaruh dalam kehidupan kita, dari pribadi hingga profesional. Jika Anda senang untuk bermeditasi sambil mendengarkan siniar untuk mencapai ketenangan, kami memberikan rekomendasi Affirmation Pod by Josie Ong.

Bagaimana dengan kaitan kesehatan mental dengan musik? Seorang rekan kami percaya bahwa salah satu cara menghadapi ketidaknyamanan atau kesengsaraan hidup (dukkha) adalah dengan memainkan personal anthem. Rekan ini tiap hari Minggu mendengarkan siniar Soul Music, dan biasanya sambil bercucuran air mata di atas treadmill. Setiap episode Soul Music membahas bagaimana sebuah lagu (yang mungkin lebih dikenal Generasi X) diciptakan, dan akhirnya menjadi personal anthem yang bisa membantu pendengarnya menghadapi dukkha.

Tapi jangan lupakan urusan duniawi, seperti investasi. Jika Anda lebih tertarik berinvestasi, buku The Simple Path to Wealth oleh J.L Collins bisa menjadi rekomendasi kami. Buku ini bisa bantu menyederhanakan sederhanakan strategi investasi kitaAnda, dari mulai memilih saham hingga investasi dana indeks berbiaya rendah. Menurut rekan kami, buku ini selain bisa menghemat waktu dan tenaga, serta mengurangi risiko.

Urusan duniawi yang penting dan menghibur adalah makanan. Jika Anda tertarik untuk melihat sudut pandang lain lewat makanan, serial televisi seperti Chef’s Table akan sangat membantu Anda untuk memahami kehidupan para koki ternama dan hasrat mereka dalam dunia kuliner. Anda bisa belajar banyak tentang perilaku manusia dari makanan, jika menyimak Gastro Obscura dari situs atau akun Instragram mereka. Jika Anda lebih tertarik cerita fiksi, maka kami menyarankan Midnight Diner.

Share

Written by
Paramita Mohamad

CEO and Principal Consultant of Communication for Change. We work with those who want to make Indonesia suck less, by helping them get buy-in and make changes.

Twitter Instagram

Tingkatkan kemampuan komunikasi Anda hari ini

Hubungi kami

Atau kirim teks ke 089666666727