Membantu KOMPAK membuat presentasi untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional

Klien Kompak

Tahun 2017

Presentation Content & Slides

Arahan klien

KOMPAK akan menyajikan strategi dan rancangan implementasi untuk pemenuhan kebutuhan dasar kepada kelompok miskin dan rentan. Dalam persiapannya, KOMPAK belum memiliki materi yang kuat dan meyakinkan untuk sesi presentasi selama 10 menit dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Pemahaman kami

C4C diminta membantu membuat presentasi untuk mendapatkan dukungan dari Kementrian bahwa pemenuhan kebutuhan dasar yakni identitas legal, layanan kesehatan dan edukasi, adalah pilar penting untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia.

Pendekatan kami 

 Salah satu cara terbaik untuk menjelaskan sebuah materi kepada orang-orang yang tidak banyak tahu tentang hal tersebut adalah dengan membungkusnya dalam format cerita. Pendekatan ini juga didukung dengan fakta bahwa otak manusia lebih mudah mencerna cerita. 

Dari pemahaman kami mengenai inisiatif dan tujuan presentasi yang dimiliki KOMPAK, kami yakin bahwa presentasi ini perlu disampaikan dalam format cerita dibandingkan rangkaian diagram dan grafik. 

Tujuan dari presentasi ini adalah membuat para pengambil kebijakan mulai dari tingkat nasional, lokal, dan regional antusias terhadap inisiatif ini dalam rangka mendapatkan persetujuan mereka. Dari tujuan tersebut, kami mencapainya dengan menggunakan narasi tujuan besar dari inisiatif ini kepada audiens. Kami membingkai inisiatif ini untuk memperbaiki layanan dasar sebagai bagian dari perjuangan menghentikan kutukan kemiskinan selama beberapa generasi. 

Eksekusi dan hasil

Respon yang diharapkan dari audiens setelah mendengar penjelasan ini adalah “saya ingin terlibat dalam upaya mendukung inisiatif Pedas”, atau setidaknya “saya tidak ingin menghalangi inisiatif Pedas”. Sehingga, kami merancang penjelasan visual mengenai implementasi terbatas (pilot project) untuk inisiatif Pedas dengan premis utama berikut: “jika Anda membantu implementasi terbatas dari inisiatif Pedas, Anda juga turut ambil bagian untuk memutus rantai kutukan kemiskinan konstituen Anda.”

Penyampaian presentasi ini dilakukan oleh klien. Di akhir mereka mendapatkan persetujuan yang diinginkan untuk proyek ini.

Tertarik dengan program yang sama?

Diskusikan dengan tim kami

Lengkapi formulir ini agar kami bisa menghubungi Anda segera